Rancangan Roadmap Sepak Bola Dikebut

Di sela-sela masa penantian dalam kevakuman sepakbola Indonesia, Bayu sempat tampil dalam talk show televisi yang dibuat mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Sebagai penyerang Persita Tangerang, Bayu justru membanting kemudi aktivitasnya dari Stadion Benteng ke spot lain di tepian kali Cisadane. Pemilik nomor punggung 93 dan 24 ini beralih profesi menjadi wirausahawan. Ia menjajakan jaket sport dan sepatu casual di lapak yang buka sore hingga malam menjelang. Selain dibina pelatih mumpuni, kami juga berlakukan sistem kompetisi antarpemain.

Dulu, kita memiliki Ferry Sonneville yang disokong donasi untuk pulang demi Indonesia. Sampai detik ini, fatwa itu belum dicabut, meski upaya perdamaian telah coba dilakukan pengurus Benteng Viola dan Persikota. Tahun ini, pasukan ungu berharap dapat menggunakan Stadion Bojong Nangka di Legok, Kelapa Dua, sebagai markas baru yang, katanya, berstandar Asia dan dibangun dengan dana senilai Rp 90 miliar rupiah.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa beban latihan yang disarankan akan meningkat seiring bertambahnya usia. Selain itu berdasarkan penelitian Gobet & Campitelli bahwa “waktu paling cepat yang dibutuhkan untuk menjadi pemain profesional adalah 3016 jam, sebaliknya waktu terlama yang dibutuhkan adalah jam”. Tidak hanya waktu latihan saja yang dapat memengaruhi cepat lambatnya menjadi pemain profesional. Dokter yang bertugas di RSDC Wisma Atlet Kemayoran ini menyampaikan bahwa Gontor memiliki modal gaya hidup sehat.

Mengorganisir program dan latihan yang spesifik berdasarkan frekuensi, intensitas dan banyakknya latihan. Artinya seorang gelandang bertahan bertugas merebut bola dari kaki lawan sebelum lawan meamasuki daerah pertahanan, selain itu gelandang bertahan juga sebagai penyambung bola dari bek untuk diarahkan kedepan dalam mengawali serangan. Pertama, tahapan dasar (Fundamental Stage) 6-10 tahun difungsikan untuk melatih kemampuan dasar motorik seperti berlari, melompat, melempar, menangkap, dan tidak dianjurkan untuk diikutsertakan dalam kompetisi atau turnamen. Selain itu pada tahapan pertama atlet diperkenalkan dengan aturan dan etika dalam sepakbola. Di usia 9-12 tahun latihan 3 jam dalam satu minggu, tahun latihan 8 jam dalam satu minggu, dan usia tahun latihan selama 14 jam dalam satu minggu”.

Mewadahi talenta muda Pati dalam program pembinaan berkelanjutan tidak sebatas mencetak pesepak bola berkualitas di level daerah. Mereka juga diharapkan mampu membaca peluang untuk dapat menaikkan kelas dengan mencari pengalaman di luar daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *